Keindahan Nusantara di Danau Sentani

Advertisement

Responsive Ads Here

Keindahan Nusantara di Danau Sentani

Admin
Minggu, 23 April 2017

Letak Danau Sentani berada di Papua Indonesia, tepatnya di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops dengan luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Luas Danaunya sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. 

Uniknya, Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil yang menghiasinya sehingga lebih indah. Arti kata Sentani berarti "di sini kami tinggal dengan damai”. Namanya pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melakukan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.
Danau Sentani
Danau Sentani
Objek wisata ini mudah dijangkau dari Jayapura karena hanya berjarak 50km. Anda bisa mencob berkeliling di Danau Sentani menggunakan perahu sewaan yang sudah banyak tersedia. Sambil juga melihat 30 jenis spesies ikan air tawar dan empat diantaranya merupakan endekmik di Danau Sentani.

Setiap tahun, Pemerintah Daerah selalu mengadakan festival Danau Sentani tepatnya setiap pertengahan bulan Juni. Acaranya diisi dengan tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua dan sajian berbagai kuliner khas Papua.