6 Aktivitas Sebelum Tidur yang Lebih Baik daripada Memandang Layar Ponsel Anda

Advertisement

Responsive Ads Here

6 Aktivitas Sebelum Tidur yang Lebih Baik daripada Memandang Layar Ponsel Anda

Admin
Jumat, 24 November 2017

Ketika malam tiba, banyak dari kita yang memilih untuk duduk di depan komputer, menonton tayangan televisi, atau mengutak-atik ponsel pintar sebelum benar-benar memejamkan mata untuk tidur. Meskipun begitu, kegiatan-kegiatan tersebut ternyata mempengaruhi siklus tidur Anda yang seharusnya teratur. Jadi, penting bagi Anda untuk sesekali melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih menyehatkan sebelum tidur, yang juga dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan nyaman yang akhirnya akan memberikan Anda pengalaman tidur yang lebih berkualitas. Seperti halnya kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan ketika siang, kegiatan Anda di malam hari pun memiliki andil bagian perihal masalah kesehatan tubuh Anda, 

Sangat penting rasanya untuk merasa benar-benar nyaman sebelum dan ketika tidur mengingat begitu banyaknya kegiatan yang menanti setelah Anda membuka mata di pagi hari. Sedetik setelah alarm Anda berhenti berbunyi di pagi hari, pikiran dan tubuh Anda sudah berada di kantor, mencoba menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak jumlahnya. Sebelum tidur, Anda memiliki kesempatan untuk memperbaiki pikiran dan fisik Anda dengan melakukan beberapa kegiatan relaksasi yang dapat membantu Anda tidur lebih mudah dan lebih nyaman.

Anda mungkin tidak terlalu memikirkan kegiatan-kegiatan yang dapat Anda lakukan sebelum tidur, namun nyatanya kegitatan yang Anda pilih sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda secara seignifikan. Jika Anda penasaran akan kegiatan-kegiatan bermanfaat apa saja yang dapat Anda lakukan sebelum tidur, berikut jawabannya untuk Anda:

1. Stretching 
Bukan hal yang aneh jika di siang hari, Anda telah menghabiskan begitu banyak waktu Anda untuk duduk di depan meja atau di belakang kemudi setir, renggangkan otot-otot punggung Anda dengan membungkuk di depan wastafel selagi Anda membersihkan kulit wajah Anda. Dengan melakukan stretching atau peregangan selama setidaknya lima sampai 10 menit, tubuh Anda akan terasa lebih rileks sebelum akhirnya Anda benar-benar berbaring di kasur empuk Anda. Ketahui bagian-bagian tubuh Anda yang sering terasa kaku akibat stress atau tekanan pikiran. Lakukan beberapa hal yang dapat meningkatkan fleksibilitas area-area tersebut.

2. Pikirkan segala hal yang telah Anda miliki, dan bersyukurlah
Untuk bisa beristirahat dengan benar-benar nyaman, Anda harus berada di titik terdamai pada hidup Anda. Salah satu hal yang paling efektif untuk membuat diri Anda merasa damai adalah dengan merasa bersyukur atas apa yang telah Anda miliki, dan apa yang telah Anda kerjakan sehari ke belakang. Pada realitanya, belajar bersyukur saat malam benar-benar dapat membuat Anda terlelap lebih cepat dibanding harus menghitung domba dalam imajinasi Anda.

3. Membaca buku
Daripada membaca pesan-pesan masuk pada layar ponsel Anda, lakukanlah kegiatan yang lebih bermanfaat ini, yaitu membaca buku. Dulu, cara klasik ini memang sering dipilih orang-orang sebelum tidur, namun kini, kala semua hal telah berkembang dan menjadi digital, tidak banyak orang yang masih ingin membaca buku sebelum tidur. Namun jangan salah, sebuah studi dari Inggris mengungkapkan bahwa membaca buku sebelum tidur selama setidaknya 6 menit, dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. 

4. Mandi dengan air hangat
Berbicara mengenai hal-hal yang membuat rileks sebelum tidur, pilihan beberapa orang akan jatuh pada pilihan ini; mandi air hangat. Tujuan dari mandi dengan air hangat ini adalah untuk menurunkan kadar kesensitifan indra sehingga Anda tidak akan mudah terganggu ketika tidur. Ketika mandi pun, dengan suhu air yang sesuai ditambah desain kamar mandi yang indah, Anda akan dengan mudah merasa rileks dan mengantuk di dalamnya. Suhu air yang mengenai tubuh Anda akan menurunkan suhu tubuh Anda, sehingga otak akan menginterpretasikan hal ini sebagai sinyal untuk benar-benar beristirahat.

Menciptakan kebiasaan sebelum tidur yang teratur memang tidak dapat dilakukan dalam semalam, namun, hal tersebut patut dicoba jika Anda mendambakan untuk dapat terlelap lebih nyaman dan cepat dari biasanya.